banner 728x250

2018 Harus Fokus Pengelolaan Dana Desa

MURATARA, Beligatupdate.com – Kepala Dinas Pemeberdaya Masyarakat Desa – Pemeberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (PMD-P3A) Firdaus meminta kepada seluruh desa agar lebih fokus lagi dalam pengelolaan dana desa pada 2018. Hal ini diungkapkan pada Kegiatan Pelatihan Kerja Desa Noman Baru Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) Tahun Anggaran 2017, Sabtu, (30/12).

“Tahun 2018 nanti saya meminta kepada kepala desa beserta perangkat desa agar lebih fokus dalam pengelolaan dana desa. Di desa Noman Baru ini tahun depan proiritanya yakni Bpjs desa mandiri dan mengembangkan pengolaan sarana olahraga. Jadi fokus saja disana dan jangan banyak-banyak program agar tidak terbengkalai.” Kata Firdaus Saat menjadi nara sumber kegiatan.

Mengenai pelatihan kerja, Firdaus meminta kepada desa agar segera membentuk kelompok home industri yang dinaungi Bumdes untuk menambah income desa, karena tahun 2018 desa mendapat saluran dari pemerintah pusat yang dikirim melalui Bumdes desa.

“Mulai sekarang apabila belum membentuk kelompok maka bentuklah, setelah itu arahkan mereka, misalnya kearah industri, maka ajak Disperindagkop yang merupakan dinas yang menagani masalah tersebut, karena 2018 desa mendapat saluran dari pusat yang dikirim melalui Bumdes.” Katanya.

Sedangkan, Camat Rupit Gusti Rohmani diwakili Kasih Pemerintahan, Iskandar mengatakan jika masyarakat desa harus mendukung apa yang menjadi program kepala desa yang baru, karena tujuan mereka sama yakni memajukan Kabupaten Muratara.

“Januari nanti pelantikan kepala desa terpilih akan dilakukan, jadi saya berharap kepada seluruh warga agar mendukung apa yang menjadi programnya, kita harus bersatu, jangan nanti kita membuat blog-blog sendiri.” Harapnya.

Sementara Pjs kades Noman Baru Erwandi mengatakan, dalam kegiatan pelatihan tersebut dirinya meminta kepada warga yang hadir untuk lebih serius dalam mendengar apa yang disamapaikan narasumber.

“Kegiatan ini jelas untuk menambah ilmu, karena itu saya mohon kepada masyarakat yang hadir untuk lebih memperhatikan apa yang disampaikan nara sumber, karena apa yang disampaikan pasti bisa bermanfaat untuk kedepannya.” Pungkasnya.(Agus Kristianto)